Debby: Merawat Bekasi dan Depok Penyangga Ibukota


Suaratapian.com BEKASI– Kaum muda Indonesia tak boleh pesismis terhadap proses politik di negeri ini. Paling tidak itulah alasan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berdiri. Bagi PSI bahwa setiap warga Indonesia, termasuk kalangan muda bisa masuk ke bidang politik. Dan PSI juga menawarkan kalangan muda yang sudah teruji, masyarakat pun bisa mempelajari langsung kehebatan para caleg-calegnya.

PSI melakukan terobosan politik berupa rekrutmen caleg terbuka. Misalnya, gebrakan PSI dengan metode penjaringan caleg PSI yang selektif hingga kemudian mendapat apresiasi dari tokoh seperti Mahfud MD, Mari Elka Pangestu, dan Bibit Samad Rianto.

Salah satu yang lolos pencalegkan di PSI adalah Debby Malona Hutabarat. Debby berlatar-belakang wirausaha, maju menjadi Caleg untuk DPRD Provinsi Jawa Barat. Sebelumnya dia adalah Bendahara DPC PSI Mustika Jaya. Saat diminta menjadi Caleg, Sis Debby Malona, sapaan akrabnya menjadi Caleg di Provinsi Jawa Barat, dari Depok dan Bekasi, dia langsung mempelajari apa yang harus dibenahi di Kota Bekasi dan Depok.

Misalnya, dia menemukan di kawasan Kota Depok dan Kota Bekasi terdapat banyak situ dan sungai, namun tak terurus dengan baik. Termasuk dia menemukan anggaran pemeliharaannya sangat minim. “Untuk itu, jika dia dipercaya masyarakat bisa duduk di DPRD Propinsi Jawa Barat akan mengusulkan agar anggaran pemeliharaan sungai dan situ harus ditingkatkan,” ujarnya lagi.

Baginya, selain diperlukan peran pemerintah pusat bukan hanya terkait perbaikan tetapi juga pemeriksaan, dan penindakan hukum terhadap industri yang terbukti melakukan pencemaran dengan membuang limbah. “Saya paham dalam regulasi sungai dapat jadi tempat pembuangan limbah tapi tentu dengan harus di bawah baku mutu yang jadi patokan, izin Lingkungan Amdal, dan sarana IPAL,” tuturnya.

Dia menambahkan, tak sedikit perusahaan yang diduga menjadi penyebab tercemarnya Kali Bekasi ini. Untuk itu, dia mengusulkan agar oknum perusahaan ini dipanggil dan diperiksa. Sementara untuk memperkanalkan dirinya, Debby berjibaku untuk menjumpai masyarakat, termasuk malam-malam hingga dini hari menempel stikir sendiri. (Red)

Please follow and like us:
0

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.