“All Artis Simatupang” Wadah Artis dan Seniman Toga Simatupang

Suaratapian.com JAKARTA-Kondisi pandemi Covid-19 saat ini, masih belum mereda, malah berita terayal makin bertambah yang terpapar. Tentu ini harus menambah kewaspadaan bersama masing-masing orang. Tetapi situasi ini tak boleh membuat mental terpuruk, justru semuanya harus tetap aktif berkarya dengan tetap menjaga kesehatan. Seniman pun harus aktif dan bersinergi, sebab sekarang eranya bersinergi. Jikalau tak bersatu banyak hal yang tak bisa dikerjakan.  Sebaliknya, jika kerjasama membawa suatu keberuntungan untuk bisa mengerjakan banyak hal. Kesatuan hati semakin kuat, kekuatan menyatu akan membawa kekokohan baik persahabatan kekerabatan maupun persahabatan antar golongan marga. Hal itulah yang mendasari artis-artis marga Simatupang di Jakarta melahirkan organisasi bersama untuk wadah para seniman Simatupang. Marga Simatupang tiga kakak beradik yakni Togatorop, Sianturi dan Siburian.

“Menyatu bak lidi yang menyatu bisa menyapa. Sapu lidi kuat dan mampu menghalau yang kotor, sehingga yang sekeliling yang kotor bersih sebagaimana yang diinginkan oleh manusia. Membuat terobosan baru khususnya di bidang seni. Mereka ini terdiri dari berbagai kalangan grup artis, disatukan menamakan diri All Artis Simatupang,” ujar penggagas terbentuknya All Artis Simatupang, JS Simatupang SH, MH. Pengacara top Jakarta sekaligus Direktur Utama (Dirut) PT Berdikari Insurance ini, selalu peduli dan  memperhatikan kehidupan artis Batak khususnya marga Simatupang.

JS Simatupang yang juga Ketua Umum Parsadaan Anak Boru Bere Simatupang (PABRS) menyebut, All Artis Simatupang sejak awal telah bekerja sama dengan PABRS di masa Covid-9 ini, terutama membantu keluarga Simatupang, Boru dan Bere yang sangat terdampak, Se-Jabotabek dan yang ada di Cikarang, Karawang dengan berbagai tali kasih dengan mendistribusikan 500 paket bantuan yang telah tersalur.

Maka pada 1 Agustus 2020 dibentuklah wadah ini, sebagai wadah artis dan seniman Toga Simatupang Boru Bere Sejabotebek. Selain menjadi penggagas, JS Simatupang juga menjadi penasihat bersama; Sutrisno Sianturi dan Ir.Toddy Siburian. Ketua Hilman Gunawan Simatupang, Wakil Ketua Sabar Sianturi dan Nando Siburian. Sementara Sekretaris, Salom Simatupang dan Charli Simatupang. Bendahara Aliandri boru Siburian dan Chatrine boru Sianturi Seksi Kerohanian dan Budaya, Sotar Sianturi dan Koordinator Artis, Dyo Sianturi.

Kumpulan Artis Simatupang Se-Jabodetabek ini ada untuk membangun persaudaraan sesama semarga di Toga Simatupang. Terbukti para pegiat seni, artis Toga Simatupang, tak pernah berpangku tangan, terus berkegiatan bersama, tergabung dalam All Artis Simatupang. Selama pandemi Covid-19, All Artis Simatupang tak surut berkarya. mereka tergolong rutin melakukan live streaming dan show time di berbagai tempat. Ini dilakukan untuk menghibur masyarakat. Benarlah ungkapan hati yang gembira adalah obat. Jika ceria, beryanyi dengan senang akan banyak penyakit hilang.

Hiburan yang disuguhkan artis Toga Simatupang ini juga berbagai genre dan gaya, tentunya lebih dominan lagu Batak. Telah 30 orang artis yang tergabung dalam organisasi ini, termasuk borunya. Salah satu boru yang dituakan, Djaendar J Lumban Gaol, juga dipercayakan selaku penata lagu, yang dikenal juga sebagai pencipta lagu handal ini, mengatakan bahwa, All Artis Simatupang sangat mudah diarahkan.

Dan, memang diakui beberapa anggota All Artis Simatupang sebagian telah artis papan atas pop Batak, sehingga tak sukar dalam penataan vokal. Tanpa ditata pun mampu mandiri, mereka sudah mapan dalam olah vokal yang bagus. Di samping itu, sebagian besar sudah memiliki album, meskipun dalam grup vokal di luar Simatupang, Djaendar J Lumban Gaol yang beristerikan boru Siburian ini, juga tak asing di blantika musik Batak. Dia telah banyak mencetak lagu hits dan pendiri beberapa grup vokal diantaranya Arghana Trio, Gabema Trio, Amura Trio. Di All Artis Simatupang, dia yang dituakan dari pihak boru.

JS Simatupang sendiri melihat lahirnya All Artis Simatupang perlu diresmikan, dalam waktu dekat akan segera diresmikan, deklarasi. “Deklarasi nanti akan dilakukan dalam waktu dekat, sambil pembenahan, di mana pengisian bagian-bagian lain struktur organisasi yang masih ada lowong,” ujar JS Simatupang yang juga pencipta lagu ini. Kehadirannya juga mewarnai para artis Toga Simatupang, dan darah seninya ditumpahkan ke All Artis Simatupang sebagai aset nantinya. Misalnya, lagu yang diciptakan pun juga sarat makna yaitu lagu “Toga Simatupang.” Setiap mengawali penampilan Live streaming/Show time, atau di berbagai kesempatan, All Artis Simatupang selalu terlebih dahulu menyanyikannya.

JS Simatupang didaulat juga mewakili penasihat dari Togatorop. Sementara itu, Ir. Toddy Siburian, penasihat dari Siburian. Sedangkan, Sutrisno Sianturi Penasihat mewakili dari Sianturi, penuh memberikan support agar, untuk masa mendatang All Artis Simatupang ini semakin satu dan maju dalam berkarya.

Hal ini patut dibanggakan, All Artis Simatupang, menduduki live streaming tertinggi di Jabodetabek. Tergolong produktif, selama pandemi corona. Tercatat tigabelas kali telah menggelar kegiatan, untuk menghibur masyarakat. Harapan ke depan, semoga semakin mengena dan diterima oleh masyarakat luas penggemar di Indonesia. Banyak program All Artis Simatupang, terutama menjelang Natal dan Tahun Baru mendatang.

JS Simatupang juga berpesan dan tak lupa mengharapkan All Artis Simatupang ke depan harus bisa mandiri, mengelola organisasi ini untuk makin taraf. Dia juga mengharapkan seluruh keturunan Toga Simatupang yaitu marga; Togatorop, Sianturi dan Siburian serta pihak Boru dan Bere dimana pun untuk ikut memberi kontribusi pemikiran sumbang saran kepada Artis dan Seniman Toga Simatupang ini. (HM)

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.