Disambut Meriah Apresiasi Warna dan Sahabat Pewarna

foto bersama panitia dengan tokoh-tokoh sesaat pemberian Apresiasi Warna & Sahabat Pewarna
Dalam rangka Rapat Kerja Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia (Pewarna) dengan tema “Rangkai Kasih Dengan Warna” yang puncaknya pemberian Apresiasi Warna 2017 dan Sahabat Pewarna. Apresiasi Pewarna dan Sahabat Pewarna diberikan kepada sosok-sosok yang telah memberi warna di profesi mereka. Perhelatan tersebut digelar di Wisma 76, MDC Hall Lantai 26, JL S Parman, Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat, (25/8).
Ada pun 24 tokoh yang mendapat apresiasi dari Pewarna dengan dua kategori, 12 Apresiasi Warna dan 12 Sahabat Pewarna tahun 2017. Kategori Hubungan Lintas Agama: Prof. Dr. Franz Magnis Suseno, Kategori Lintas ARAS: Pdt. Bambang Wijaya, Kategori Figur Birokrat Toleran: Dr. H Rahmat Effendi (Walikota Bekasi), Kategori Misi Kekristenan: BPH Gereja Bethel Indonesia, Kategori Bidang Politik: Sabam Sirait, Kategori Bidang Jurnalistik: Putra Nababan, Kategori Advokasi dan Hukum: Saor Siagian SH MH.
Selanjutnya, Kategori Hiburan: Victor Hutabarat, Kategori Pendidikan: James Tjahaya Riady, Kategori Figur Muda Nasrani: Sahat Martin Philip Sinurat, Kategori Sahabat Keberagaman; GP Ansor. Lalu, 12 Sahabat Pewarna Indonesia diantaranya diapresiasi kepada; Rekson Sitorus SH, Soleman Matippana, Jeffry Tambayong, Murfati Lidianto Lie, Arseto Pariadji, Pdt Suyapto Tandiyawasesa, Rocky Wowor, Cristovorus Deky Palinggi dan Maria Shandi.
Panitia menyebut, dasar penilaian, kepada individu Profesional Nasrani, dan aktifis sosial lintas iman, institusi pemerintah dan lembaga keumatan. “Kami membuat kriteria penilaian dengan aspek komitmen. Aspek konsistensi. Ada Pelaksanaan nyata di lapangan. Lalu, dampak dari yang dikerjakan.”
Sedangkan, mekanisme penilaian dilakukan dengan cara. Pertama, pemilihan nominator yang digodok bersama tim Pewarna. Kedua, penyaringan nama yang dilakukan atas kerjasama Pewarna dan Lembaga-lembaga Aras Gereja. Ketiga, penentuan penerima Apresiasi Warna Indonesia oleh Tim Juri yang terdiri dari unsur-unsur aras gereja dan dewan penasehat Pewarna Indonesia.
Rekson Sitorus memberikan sambutan atas apresiasinya

Salah satu tokoh yang mendapat apresiasi Sahabat Pewarna diterima Rekson Sitorus. Pengusaha di Bekasi ini juga aktif memberi makna. Selain pegusaha, Rekson memberi diri untuk membangun kerukunan agama. Dia aktif FKUB di Kota Bekasi dan Kabupaten Bogor. Rekson menyebut, berterimakasih atas apresiasi adik-adik Pewarna Indonesia yang telah memberi apresiasi kepadanya. “Saya berterimakasih kepada Pewarna Indonesia.
Bagaimana pun juga, kita mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh adik-adik wartawan yang tergabung dengan Pewarna Indonesia,” tambah pendiri PT Godang Tua Jaya. “Saya tentu merasa belum berbuat maksimal untuk membangun kerukunan umat beragama. Maka, apa yang sudah dilakukan Pewarna, harapan saya makin memacu para tokoh yang mendapat apresiasi,” tambahnya lagi. Pemberian apresiasi ini merupakan hal pertama kali digelar Pewarna sejak berdiri empat tahun lalu. Namun banyak pihak mengapresiasi dan memberi atensi perhelatan itu. Disebutkan, salah satu hal yang membuat pemberian apresiasi tersebut karena bisa menghadirkan tokoh-tokoh yang sudah dikenal, termasuk kehadiran Prof Dr Franz Magnis Suseno. Tentu, diharapkan perhelatan yang sama di tahun-tahun yang akan datang lebih bagus lagi.

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.