HKBP Distrik XIX Bekasi Menggelar Sermon Pendeta

Suaratapian.com BEKASI-Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Distrik XIX Bekasi menggelar sermon bagi pendeta dan pendeta emeritus. Acara dimulai dengan kebaktian. Dihadiri bersama-sama dengan keluarga pendeta. Bertempat di Gereja HKBP Bojong Menteng, Rawalumbu, Bekasi, pada hari Senin, (11/3/19). Tema acara Orientasi Pelayanan HKBP 2019 Ulaon Parasiniroahaon, atau pelayanan Diakonia Sosial.

Narasumber disampaikan penyampaian Pendeta Martulus Manullang dan Pendeta Fernando Sinambela yang sama-sama pendeta di HKBP Bojong Menteng.  Masing-masing memberi judul Hidup Dalam Terang Firman Tuhan dan Jesus Batu Penjuru. Selesai pemaparan diberi kesempatan bagi setiap pendeta untuk menanggapi. Salah satu penanggap adalah pendeta senior, disampaikan pendeta emeritus Dr Einar Sitompul dengan mengutif Socrates kata-kata, sebagai filsuf dari Yunani pernah mengatakan, bahwa sekarang yang kelihatan, yang ada hanya banyang-banyang, dan kelak akan muncul yang sempurna.

Sementara kesimpulan disampaikan Pdt Banner Siburian MTh, Praeses HKBP Distrik XIX Bekasi menyebutkan, Yesus Kristuslah imam sesungguhnya. Imam disini menjadi tiruan dari kebenaran. Dalam konteks ini, karena ini sebagai sermon para pendeta HKBP se Bekasi, Praeses mengatakan, karena itu, setiap orang diminta untuk koreksi diri sebagai imam. “Kita tentu sebagai imam memahami dari penjelasan kedua pemaparan tadi. Sebagai imam, pendeta kita juga perlu memetik, bahwa imam harus benar-benar menjadikan Kristus sebagai tiruannya,” ujarnya.

Selesai diskusi, acara dilanjutkan untuk memberi waktu kepada pengurus Credit Union Modifikasi (CUM) HKBP Distrik XIX Bekasi, yang dipimpin Pdt Bakti J. Situmorang. Sebelum Pendeta Bakti menjadi manager dari CUM Distrik XIX Bekasi, dipimpin Pdt Pilian Panjaitan. Acara ini sesungguhnya lebih menyampaikan laporan dari CUM dan keadaannya secara umum.

Dan, laporan keuangan dijelaskan bendahara emeritus St. K Simanjuntak sebagai bendahara. Saat ini jumlah anggota 59 orang, rata-rata pendeta HKBP di sekitar Bekasi. Tentu, belum semua pendeta mendaftar di Distrik XIX Bekasi mendaftar menjadi anggota CUM, ini. Karena itu, pengurus CUM Distrik meminta seluruh pendeta agar berkenan untuk ikut menjadi anggota.

Menanggapi perkembangan dari CUM Distrik XIX Bekasi ini, apalagi Pendeta Bakti Situmorang sebagai manager mendapat peempatan tugas di HKBP Pekan Baru, maka managernya harus diganti. Karena itu, Pendeta Banner Siburian menyampaikan agar CUM ini lebih ditata dengan baik, dibuat susunan pengurus baru, kalau memang masih mau dikembangkan, kalau tidak distop.

“Bahwa CUM distrik ini sudah ada sebelumnya saya menjadi praeses di Bekasi ini. Tetapi, kalau memang diteruskan, mohon dicari jalan keluar dan bagaimana  mengembangkan. Tetapi, kalau diteruskan, saya minta seluruh pendeta yang ada di Bekasi harus menjadi anggota dan aktif membantu CUM ini,” ujarnya. (HM)

Please follow and like us:
0

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.