Komnas Perlindungan Anak Salurkan Bansos Kemensos

Suratapian.com JAKARTA-Untuk meringankan beban ekonomi keluarga dan memberikan imunitas bagi anak dari serangan Virus Corona, KOMNAS Perlindungan menerina Bantuan Sosial  kemanusian Kemensos Republik Indonesia untuk disalurkan kepada  750 anak di wilayah Jabodetabek. Sejak pertengahan November 2020,  Bantuan Sosial  Presiden melalui Kemensos  itu  berupa  bantuan natura  berisi sepuluh  kilogram beras,  2 kilo minyak goreng, biskuit, ikan sarden dan susu telah dibagikan  langsung oleh Komnas Perlindungan Anak dan diterima anak dan Balita  100 paket kepada anak-anak di Muara Gembong, Bekasi.

Sebanyak 75 paket untuk anak-anak keluarga miskin di Desa Jatijajar Depok, 100 paket untuk anak-anak di Desa Sindang Sari Tangerang  dimana orangtua anak sebagai korban Covid 19 dan kehilangan pekerjaan sebagai buruh,  75 untuk anak-anak miskin kota  di pinggiran Cibubur dan 50 paket lagi Bansos diserahkan untuk anak di sekitar Pasar Rebo.

Kemudian dalam minggu akhir bulan November 2020 ini direncanakan akan menyerahkan bantuan Sosial  Kemanusiaan masing-masing 100 paket untuk anak-anak dari keluarga miskin  kota dan dari keluarga kehilangan pekerjaan sebagai buruh pabrik di Cengkareng dan Teluk Gong Tangerang.  Bantuan Sosial berupa Natura ini sangat mengurangi beban keluarga di Muara Gembong ini.

Sejak serangan pandemi Covid 19 masyarakat khususnya  anak di Muara Gembong belum tersentuh bantuan dari Pemerintah Daerah. Barulah dengan kedatangan Komnas Perlindungan anak di desa  kami, anak-anak kami   menerima bansos untuk kali kedua ini. “Untuk itu,  terima kasih kepada Komnas Perlindungan Anak telah hadir dan menyapa anak-anak kami di Muara Gembong,” kata Ketua RT 02 Kampung Bendera Muara Gembong, Bekasi.

Ucapan yang sama juga disampaikan Ketua RT 02 RW 09 Desa Jatijajar Mulyadi  demikian juga sambutan yang sama disampaikan Ketua RW Kampung. Sindangn Sari Tangerang dan Ketua RW 09 Desa Cibubur. “Sebagai organisasi yang diberikan tugas dan fungsi untuk melindungi anak di Indonesia melalui Bansos Anak dampak dari pandemi Covid-19 kami datang untuk menyapa anak-anak diberbagai tempat di Indonesia khususnya di Jabodetabek dengan mengusung pesan moral agar semua orangtua, keluarga dan masyarakat tidak melakukan kekerasan terhadap anak baik fisik dan seksual,” ujar Arist Merdeka Sirait sembari mengatakan, “bahwa penyerahan bantuan ini sekaligus mensosialisasi hak-hak dasar anak serta mensosialisasi ketaatan menjalankan Protokol Kesehatan dari serangan virus corono yakni 3M Mencuci tangan dengan sabun, memakai maskers dan menjaga jarak,” ujar Arist Merdeka Sirait, Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak kepada sejumlah media usai menyerahkan Bansos Anak di Muara Gembong dan Tangerang Selasa, (17/11/20).

Sebelum menyerahkan bantuan sosial untuk anak, acara selain diawali dengan doa dari pemuka agama, Lia Latifah salah seorang Dewan Komisioner Komnas Perlindungan Anak dan juga salah seorang guru Paud mengajak anak bergembira ria sambil bermain. Hadir  dan terlibat langsung setiapkali penyerahan Bansos untuk anak Dhanang Sasongko Sekjen Komnas Perlindungan Anak dan Lia Latifah Dewan Komisioner didampingi Staff dan relawan Komnas Anak.

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.