Lagi, Gereja HKBP Resort Maranatha Rawalumbu Membantu Jemaat

Suaratapian.com BEKASI-Wabah virus corona atau Covid-19 benar-benar membawa keadaan sulit. Belum lagi dampak yang ditimbulkan, jelas meluluhlantahkan banyak sendi kehidupan, utamanya kesulitan ekonomi. Tentu, dalam situasi apa pun gereja harus memberi perannya. Sebagaimana esensinya, gereja dari kata ekklesia yang diartikan orang-orang yang dipanggil keluar untuk masuk kedalam terangNya yang ajaib. Sudah tentu, hal itu untuk menunjukkan peran gereja. Gereja mesti menjadi jembatan untuk membantu. Hal itulah yang diperankan HKBP Resort Maranahta Rawalumbu membantu yang kesulitan.

Apa saja yang telah dilakukan HKBP Resort Rawalumbu menangani dampaknya Covid-19 ini. “Kami sudah menggelar empat kali bantuan sembako kepada jemaat yang terdampak langsung virus corona ini,” ujar Pdt Asman Sitompul STh, sesaat menyerahkan secara simbolis paket Sembako atau sering disebut Sembilan Bahan Pokok kepada anggota jemaat, Sabtu, (2/5/20). Hadir Praeses HKBP Distrik XIX Bekasi, Pdt Banner Siburian, MTh untuk menyerahkan secara simbolis kepada jemaat yang mendapatkan bantuan Sembako. Praeses sendiri sebelum hadiri juga telah menyerahkan bantuan APD ke Pemerintah Kota Bekasi di Stadion Patriot Candrabhaga, Jalan Jendral Ahmad Yani, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Perlu diketahui, Gereja HKBP Resort Maranatha Rawalumbu sendiri beranggotakan 1,700 Kepala Keluarga. Dua bulan terakhir ini telah membantu anggota jemaat yang terkena dampak langsung empat kali. Empat tahap itu, pertama sebanyak 120 paket sembako. Kedua 140, ketiga 100 dan keempat 120 paket. Pendeta Asman, menambahkan, bantuan yang dibagikan tersebut sebagian diperoleh dari sumbangan para anggota jemaat yang peduli untuk membantu saudaranya.

Saat penyerahan itu, Pendeta Asman juga didampingi sejumlah sintua dan pengurus Komisi Diakonia, bahwa bantuan yang diberikan tentunya tidak seberapa, tetapi mudah-mudahan membantu meringankan beban anggota jemaat yang membutuhkan. Karena itu, dia masih menghimbau anggota jemaat yang berkemampuan membantu agar tetap mengulurkan tangan. “Kami tetap menghimbau jemaat yang berkemampuan, bisa memberikan sumbangannya demi pengadaan Sembako ke depan,” ujar mantan Pendeta Resort HKBP Cibubur, ini.

 Tentu, selain kepada jemaat yang sangat membutuhkan, gereja HKBP Maranatha Rawalumbu juga berencana akan memberi bantuan Sembako kepada masyarakat di sekitar gereja, apalagi menjelang Perayaan Lebaran. Oleh karena ujung dari dampak virus corona ini sampai sekarang belum diketahui sampai kapan berakhir. Maka jemaat dihimbau tetap tabah dan menahan diri untuk tetap di rumah. Karenanya, dia juga menghimbau agar para jemaat mendukung upaya Pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona dengan tinggal di rumah saja. Apabila keluar dari rumah untuk menjaga jarak.

“Bila tak terlalu penting keluar rumah, tidak perlu bepergian tetaplah di rumah. Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dilakukan Pemerintah salah satu cara memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Karenanya mari kita dukung, sehingga diharapkan virus corona ini bisa segera berlalu. Dan, tak lupa berpesan agar semua jemaat terus berdoa meminta pertolongan Tuhan, sehingga kita tetap diberikan kekuatan menghadapi masalah ini,” ujarnya, sembari menghimbau, untuk minggu ini jemaat masih mengikuti ibadah di rumah masing-masing. Hal ini perlu ditaati kita semua sebagai bukti jemaat telah mendukung kebijakan pemerintah. (HM)

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.