Natal Gabungan HKBP Distrik XIX Bekasi: Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita

Suaratapian.com. BEKASI- Dalam menyambut Kelahiran Tuhan Yesus Kristus, HKBP Distrik XIX Bekasi menggelar Perayaan Natal Gabungan dihadiri ribuan jemaat HKBP se-Distrik Bekasi. Yang hadir mayoritas kaum perempuan, Persekutuan Parompuan Distrik (PPD). Ketua PPD, Ny Arum Siahaan boru Simanjuntak menyebut Natal Gabungan ini digelar tiap tahunnya.

Perayaan Natal dengan tema Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita (I Korintus 1: 30 a) dengan sub tema Dalam Terang Hikmat Yesus Kristus, HKBP Distrik XIX Bekasi Terpanggil untuk Bermurah Hati Dalam Pelayanan Kasih. Bertempat di Gedung Pertemuan Graha Bintang, Jalan W.R Supratman, Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (12/12/18). Perayaan Natal yang diketuai Ny Tiara Simanjuntak boru Sianipar dan sekretaris Lider Lumban Gaol boru Siburian sukses dan meriah.

Praeses HKBP Distrik XIX Bekasi, Pendeta Banner Siburian MTh dalam renungan Natal mengatakan, Natal   adalah pesta orang yang ingin perdamaian. Natal adalah pesta orang yang anti pertengkaran. Natal untuk membangun perdamaian. “Natal adalah pesta bagi orang-orang yang ingin perdamian. Natal adalah pesta orang yang anti pertengkaran. Natal adalah perayaan bagi mereka yang dekat dengan Tuhan, dekat dengan Tuhan itulah hikmat sesungguhnya,” jelasnya.

Selain itu, oleh karena bertepatan orientasi pelayanan HKBP Tahun 2019 tentang Ulaon Parasinirohaon, Pdt Banner mengajak seluruh jemaat, agar peduli kepada anak-anak yang tak mampu, dengan mendorong orangtua asuh yang sudah berjalan makin berkembang lagi. Menurutnya, masih banyak anggota jemaat yang berjuang untuk penghidupan, dan kesulitan menyekolahkan anak-anak mereka.

Karenanya dia menghimbau, gereja perlu menggambil bagian untuk membantu saudara yang tak mampu. Harapannya jangan sampai ada anak jemaat di HKBP Distrik XIX Bekasi yang putus sekolah oleh karena tak punya dana. “Diperlukan uluran tangan kita semua. Perlu empati dan kepedulian kita. Jemaat yang mendapat rezeki lebih boleh membantu, menyokong anak-anak yang kesulitan biaya sekolah agar mereka sedia menjadi orangtua asuh. Ini perlu kita lakukan bersama, agar anak-anak jangan sampai putus sekolah, dapat kembali menggapai kesempatan meraih mimpinya,” ujarnya.  Ke depan program orangtua asuh bisa juga diikuti seluruh gereja lokal yang ada di Distrik XIX Bekasi.

Di tengah-tengah acara perayaan, digelar juga acara opera Seandainya Yesus Lahir di Bekasi yang diperankan para kaum parompuan dari PPD HKBP Distrik XIX Bekasi. Disutradarai Pdt Ruth Nababan, pendeta pembatu di HKBP Maranatha Rawalumbu. Opera yang berpesan agar Yesus Kristus lahir di hati kita perlu memberi tempat dengan peduli pada sesama.

Hadir pula para calon anggota legislatif (Caleg) yang berjemaat di gereja HKBP dan gereja lain. Maka selesai perayaan, digelar pemberangkatan bagi 14 orang calon anggota legislatif (Caleg) dari Daerah Pemilihan Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi, Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat dan Caleg DPR RI dari berbagai partai. Tentu, tak semua Caleg tersebut hadir.

Paling tidak beberapa wajah yang sudah dikenal seperti Sarni Ruminta Sihombing yang saat ini anggota DPRD Kota Bekasi, dan sekarang mencalonkan diri di DPRD Provinsi Jawa Barat dari Partai Gerindra. Lalu, ada Lisbeth Siburian, mantan anggota DPRD Kota Bekasi periode (2009-2014). Saat ini mencalonkan diri dari Partai Golkar. Selain itu, ada Caleg di DPR RI Dapil Jawa Barat VI, Bekasi dan Depok, Tiurmaida Tampublon,  mantan presenter senior.

Sebelum mendoakan, Pdt Banner Siburian MTh sebagai  Praeses HKBP Distrik XIX meminta agar para Caleg yang berkontribusi mudah-mudah terpilih dan menjadi wakil anak-anak Tuhan. “Kami berharap bapak dan ibu yang mencalonkan diri adalah tokoh kami yang dipilih Tuhan untuk masuk ke pemerintahan. Tentu, harapan kami tetap optimis dan berkompetisi dengan sehat,” tambahnya.

Di akhir acara, panitia bersama Sekretariat Distrik memberi tanda kasih kepada pendeta-pendeta yang telah emeritus dan tinggal di wilayah Bekasi. Juga memberi tanda kasih kepada para janda, istri dari pendeta-pendeta yang telah meninggal. Dan di penutup acara, Distrik juga memberi topangan dana bagi beberapa gereja HKBP di Bekasi yang mengalami pergumulan oleh karena belum mendapat IMB. (HM)

Please follow and like us:
0

Leave a Comment