Paskah Nasional 2019: Dari Danau Toba Ke Danau Poso

Suaratapian.com JAKARTA-Perayaan Paskah Nasional Tahun 2019 ini digelar di Poso, tahun lalu di Toba. Paskah dengan tema Sintuwu Maroso yang dalam bahasa Poso disebut artinya Bersatu Kita Tegus. Adalah tradisi bahwa obor paskah selalu diusung sebagai lambang spirit paskah. Sebelumnya, beberapa waktu lalu obor sudah diterima di GPIB Immanuel, Jakarta Pusat.

Acara serah terima obor berlangsung di Balaikota DKI Jakarta, pada Minggu (5/05/19). Setelah obor Paskah Nasional 2019 resmi diterima Gubernur DKI Anies Baswedan di Pendopo Balaikota DKI Jakarta, selanjutnya obor dilepas untuk dibawa rombongan mobil menuju Poso, Sulawesi Tengah.

Hadir Prof Dr Yohana Susana Yambesy selaku Ketua Umum Paskah Nasional 2019.  Seremonialnya, obor terlebih dahulu diserahkan Pdt Dr Shepart Supit sebagai Ketua Umum Lembaga Paskah Nasional.

Selesai seremonial diadakan doa sambutan. Dalam sambutannya Supit menyampaikan, terimakasih kepada Gubernur DKI Anies R Baswedan yang telah bersedia menerima rangkaian Kirab Obar Paskah Nasional 2019 yang sudah menjadi tradisi dalam setiap Perayaan Paskah Nasional. “Dua tahun lalu, Obor ini sudah dari Danau Tondano kemudian di bawa ke Danau Toba dan tahun ini dari Danau Toba akan di bawa menuju Danau Poso, tuan rumah 2019. Jadi sekarang dari Danau Toba ke Danau Tondano,” ujarnya.

Supit menambahkan, sejak 2005 kontribusi Pemda DKI akan Paskah Nasional sudah ada,  dimulai pada masa Gubernur Fauzi Bowo. Karena itu,  pada kesempatan ini kami berharap pada Paskah Nasional  nanti DKI bisa mengirimkan delegasi. “Selain itu kami juga berharap Paskah Nasional 2020  bisa diadakan di  DKI Jakarta,” kata Pdt Shepart Supit dihadapan Anies R. Baswedan.

Selanjutnya sambutan disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof Dr Yohana Susana Yambesy mengatakan, bahwa Obor Paskah adalah sumber persatuan kita, tidak ada perbedaan di antara kita. “Nanti di Sulteng kita berdayakan perempuan  bahwa perempuan adalah pembawa perdamaian.”

Dia menambahkan, kita semua adalah satu walau berbeda agama tapi kita satu kegerakan menuju kemajuan Indonesia, katanya. Sementara menanggapi kesiapan Provinsi DKI Jakarta  sebagai tuan rumah seperti diminta Pdt Shepart Supit, Anies menjawab bahwa DKI Jakarta bersedia menjadi tuan rumah  Paskah Nasional tahun 2020. “Kita siap menjadi tuan rumah,” ujar Anies.

Rentetan perayaan paskah ini akan dilanjutkan pada, 9 Mei 2019 Seminar Kerukunan; Pembangunan Manusia di Poso dan KKR Sintuwu Maroso di Poso. Dilanjutkan seminar bagi para hamba-hamba Tuhan di Tentena. Dilanjutkan ibadah Agung Paskah Nasional di Tepi Danau Poso pada tanggal 10 Mei 2019. Baru pada tanggal 11 Mei digelar Wisata Rohani dan Malam Kebudayaan. Pada tanggal, 12 Mei Eeumenikal Visit; Pelayanan ke Gereja-gereja, Kirab Obor Paskah Nasional menuju Palu. Dan, tanggal 13 Mei 2009 KKR Paskah Nasional di Palu. (red)

Please follow and like us:
0

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.