Pdt. Dr. Pahala Jannen Simanjuntak “Melakukan Perubahan Besar Agar HKBP Menjadi Berkat Bagi Dunia”

Suaratapian.com PEMATANGSIANTAR-Setelah ditunda Sinode Godang yang mestinya digelar Oktober lalu, Rabu, Desember 2020 adalah pembukaan Sinode Godang. Tentu telah banyak pendeta yang mengumumkan memberi diri menjadi calon pemimpin HKBP ke depan, salah satu yang mencalonkan diri Pdt.Dr Pahala Jannen Simanjuntak, mencalonkan sebagai Kepala Departemen (Kadep) Koinonia 2020-2024. “Jika saya dipilih menjadi Kepala Departemen Koinonia HKBP, saya akan merangkul semua pihak untuk menghilangkan perbedaan pilihan di Sinode Godang, sebab jika perbedaan pilihan pimpinan dipelihara berpotensi besar merusak parhahamaranggion sesama pendeta juga dengan pelayan lainnya. Siap bekerjasama dengan Ephorus, Sekjend dan Kadep lainnya menuju transformasi HKBP,” ujar pendeta Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) ini.

Anak kelima dari delapan bersaudara, orangtua St. Mulia H. Simanjuntak dan Tianur br. Siahaan.  Lahir, 17 Juli 1969 di Desa Gurgur-Tampahan, Kabupaten Toba Samosir. Tambah pendeta yang ditahbiskan menjadi pendeta pada tanggal 24 Nopember 1996 di HKBP Bulu Duri Ressort Laiparira-Kabupaten, Dairi menyebut, transfofmasi yang dia maksudkan dimulai dari diri sendiri, Kadep Koinonia bukan seperti pemimpin perusahaan, tetapi lebih kepada seorang hamba yang melayani.

“Saya akan melakukan tugas Kadep Koinonia sebagaimana di aturan dan peraturan HKBP, lalu Kadep Koinonia lebih sering blusukan ke gereja-gereja kecil terutama di pedesaan,” ujar dosen teologia yang menyelesaikan Sarjana Theologia (1994) dan Magister Theologia (2004) di STT HKBP dan melanjutkan study Program Doktor Theologia (D.Th) di Silliman University-Dumaguete City, Philippines bidang Perjanjian Lama (2017) ini.


Pdt.Dr Pahala Jannen Simanjuntak

Suami dari dr. Basaria Margaretha Lumban Gaol, M.Kes yang dikaruniai tiga putra dan satu putri. Saat ini melayani sebagai Dosen Perjanjian Lama di Sekolah Tinggi Theologia (STT HKBP) Pematangsiantar. “Visi saya sebagaimana visi HKBP menjadi berkat bagi dunia, dan di Koinonia memaksimalkan partisipasi warga jemaat dalam membangun pelayanan HKBP,” ujar dosen dan pengkhotbah.

Pahala juga aktif menulis artikel dan renungan di media surat khabar, majalah dan memberikan ceramah di gereja-gereja dan perguruan Tinggi dan instansi pemerintahan. Mengikuti pelatihan Biblical Rekonciliation di beberapa negara bagian  Australia (2018)  dan mengikuti wisata rohani ke Mesir, Israel dan Jordania (2019).

Pahala telah menulis beberapa buku. Buku pertama dan edua dicetak oleh Gunung Mulia Jakarta yaitu: Merajut Rekonsiliasi jilid 1, khotbah yang berpusat kepada Yesus Kristus (2019).  Buku kedua Umat Allah Dalam Konteks Kemajemukan di Indonesia (2020), saat ini sedang mempersiapak buku Merajut Rekonsiliasi jilid 2, dan Teologia Pembangunan  Bait Suci yang akan diterbitkan 2021.

“Saya selalu berdoa kepada Tuhan agar apa yang direncanakan untuk menjadi Kadep Koinonia, mendapat berkat dan tercapai dengan dukungan Distrik Sumatera Timur, dan keluarga besar PSSIB Kota Pematangsiantar,” katanya. Dia siap untuk melakukan perubahan, agar HKBP semakin besar.

Salah satu buku Pahala Simanjuntak

Perlu juga diketahui tugas sebagai Kepala Departemen Diakonia HKBP tugasnya yaitu; menyertai ephorus bersama-sama dengan sekretaris jenderal dan kepada departemen lainnya memimpin HKBP. Selain, itu memimpin semua pekerjaan di departemennya; mengkordinasikan pengelolaan semua pelayanan social yang berhubungan dengan pemberian bantuan kepada yang kesusahan, demikian juga yang berhubungan dengan yayasan pendidikan dasar, menengah, dan yayasan pendidikan tinggi, yayasan kesehatan dan pengembangan masyarakat di setiap tingkat pelayanan.

Juga menyusun kebijakan-kebijakan, peraturan-peraturan, dan pedoman-pedoman yang perlu dalam pekerjaan diakonia yang menjadi pegangan bagi semua pelayan di semua tingkat pelayanan. Tentu, banyak lagi tugas yang mesti disandang sebagai kepala Departemen Koinonia. (Hojot Marluga)

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.