Sala Mandasor Sega Luhutan

Kata Sala Mandasor, Sega Luhutan paling tidak diartikan salah membuat dasar akan rusak bangunan. Ungkapan ini bisa terangkai disaat membuat luhutan. Luhutan adalah tempat menumpuk padi yang baru disabit. Membuat luhutan biasanya dibuat melingkar. Luhutan dasar untuk menumpuk pati yang baru disabit dengan dibuat membentuk lingkaran. Dasar luhutan hanyalah melingkar kecil, tetapi bisa menopang lingkaran di atasnya lebih besar.
Moral dari ungkapan ini tentunya mengartikan pada mental manusia. Jika dimasa kanak-kanak telah salah dalam pembentukan mental, kelak kemudian akan sulit susah dibangun mentalnya setelah dewasa. Pondasi seperti yang kita tahu adalah salah satu bagian utama dalam pendirian satu bangunan. Kuat lemahnya atau kualitas bangunan sangat dipengaruhi oleh konstruksi yang kuat. Salah membangun pondasi dampaknya berakibat fatal dalam kehidupan. Artinya, jika diawalnya salah pada ujungnya juga salah. Itulah dampak salah meletakkan pondasi. Alih-alih pondasi bangunan adalah konstruksi yang paling terpenting.
Kalau dihubungkan dalam kehidupan bahwa sikap mental yang kuat dan positif sangat dibutuhkan dalam berbagai hal. Sikap ini yang akan membentuk suatu kreatifitas ketika kita mau membangun dasar. Dan perlu diingat tak seorang pun terlahir menjadi orang yang memiliki sikap mental positif. Seluruhnya harus dibangun dari sejak awal. Maka jalan satu-satunya untuk membangun pondasi mental, dengan ketenangan batin dan membentuk sikap positif dan dan menjadikan anak-anak panah inisiatif sebagai dasar membangun mental.

Please follow and like us:
0

Leave a Comment