SURAT PASTORAL PRAESES HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN (HKBP) Distrik XIX Bekasi

No.     :  —/D.XIX-B/02.5/III/2020                                                          Bekasi, 6 Maret 2020

Lamp.:  –   

H a l    : SURAT PASTORAL PRAESES.

               (Untuk dibacakan pada Minggu 8 Maret 2020)

Kepada Yth.,

Segenap Majelis dan Warga Jemaat

Se-HKBP Distrik XIX Bekasi

d/p: Segenap Pendeta Ressort/Pimpinan Jemaat

Di Bekasi.-

Salam sejahtera di dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita ! 

Terpujilah Tuhan Yesus Kristus, sumber kehidupan yang kekal selama-lamanya. Dialah Tuhan, yang empunya kuasa melindungi segenap umatNya bahkan dunia ini, sumber dan ketopong keselamatan serta Perlindungan yang sejati bagi kita. Kita percaya, di tanganNyalah segala kuasa sekaligus menjadi kompas perjalanan sejarah dunia ini hingga akhir zaman.

Saudaraku yang kekasih ! Akhir-akhir ini, kita semua dikejutkan oleh sebuah Virus Corona yang bermula dari Wuhan, yang oleh WHO menyebutnya dengan Covid-19. Beberapa hari yang lalu, Pemerintah Republik Indonesia melalui Presiden Joko Widodo, telah mengumumkan dua orang warga negara Indonesia positif mengidap Covid-19. Kemudian diikuti dengan Surat Menteri Kesehatan RI agar semua kita waspada dan turut bekerjasama untuk upaya pencegahan penularan dan penyebaran virus Corona tersebut.

Sehubungan dengan itu, maka dengan penuh cinta-kasih kami menyampaikan kepada segenap Majelis dan Warga Jemaat HKBP se-Distrik XIX Bekasi, agar:

  1. Kita tidak panik, takut dan gelisah terhadap keadaan yang sedang kita hadapi. Marilah kita semua dengan tenang dan damai menjalani keseharian hidup  dalam keyakinan akan perlindungan kuasa Tuhan.
  • Marilah kita tetap sungguh-sungguh menjalankan peribadahan kita di manapun kita berada sambil bersahabat akrab dengan segenap warga jemaat dan sesama di lingkungan di mana kita berada maupun bekerja. Sekiranya ada di antara kita menderita sakit pernafasan, sakit tenggorokan dan batuk berkepanjangan, marilah dengan sukacita memeriksakannya ke dokter atau paramedis lainnya.
  • Kebersihan adalah bagian dari iman kita. Marilah kita setia menjaga kebersihan tangan masing-masing dan kebersihan setiap lingkungan di mana kita berada. Amat baik, bila di setiap jajaran HKBP Distrik XIX Bekasi turut menyediakan hand-sanitizer di lingkungan gereja masing-masing.
  • Untuk sementara waktu, kita dapat mempertimbangkan sejenak cara bersalaman dengan SALAM SEHATI (meletakkan tangan di hati) sebagai pengganti dari bersalaman tangan.
  • Mendoakan pemerintah Republik Indonesia dan segenap komponen yang ada, khususnya di bidang kesehatan, agar diberi kekuatan dan kemampuan oleh Tuhan untuk melayani rakyat Indonesia dengan sebaik-baiknya. Marilah kita juga bijak di media sosial dengan menebarkan berita-berita yang memenangkan dengan pesan-pesan positif yang membangun.

Semoga Tuhan, Sang Pemelihara kehidupan (“Providentia Dei”), senantiasa melindungi kita semua. Tuhan tidak pernah berhenti menjaga dan melihara umat dan ciptaanNya. TUHAN adalah tempat perlindungan dan kubu pertahanan bagi kita semua (Mazmur 91:1). Firman Tuhan juga menyapa kita: “Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan Syukur” (Pilipi 4:6). Amin!

Teriring salam dan doa:  

HURIA KRISTEN BATAK PROTESTAN (HKBP)

HKBP Distrik XIX Bekasi,

PRAESES,

Pdt Banner Siburian, MTh

Cc.  : Ompui Ephorus HKBP;    

       : File.-

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.