TENTANG KAMI

Header of www.suaratapian.com

Kami memberitakan kesempatan baik Anda

Embrio situs suaratapian.com (www.suaratapian.com) dulunya adalah majalah TAPIAN. Sempat menyapa pembacanya tiga tahun, sejak tahun 2007 hingga tahun 2010 atau 33 edisi hingga kemudian berhenti terbit. Kata Tapian sendiri sesungguhnya berasal dari bahasa Batak yang diartikan air yang jernih. Konon, cerita kata Tapian diambil dari sebuah semburan air di sebuah pulau persis di tengah laut Sibolga bernama pulau Mursala, semburan air di tengah pulau jadi air terjun sekitar 35 meter. Dari sanalah kata Tapian Nauli muncul, artinya air yang jernih. Oleh kolonial Belanda salah dalam penyebutan, Tapian Nauli disebut jadi Tapanuli hingga kemudian hari jadi karesidenan Tapanuli yang dibagi tiga wilayah.

Lalu, apa kaitannya dengan media ini? Sesunggunya, hanya makna filosofinya yang hendak kami maknai, air begitu sangat penting bagi kehidupan kita di jagat ini. Bahkan, aktivitas kimia dalam tubuh kita dipengaruhi oleh air. Karena itu, kami ingin sebagai sarana atau media peduli pada hakekat budaya, sosial, agama dan keberagaman yang terus bergerak tumbuh dan berkembang dalam dinamika kehidupan masyarakat, dan menjalankan peran serta untuk membangun nilai-nilai kemanusiaan bagi kemajuan bersama. Kami memahami filosofi hidup belajar pada air, gemericik air dan kekuatan air, menetes pelan-pelan sampai berdampak. Dan lagi, sifat air sebagaimana kita tahu, selalu mencari wadah tempat terendah sebelum menaik. Memenuhi tempat terendah terlebih dahulu baru kemudian berlahan menaik.

Alih-alih media ini ingin menjawab kedahagaan, memberi kelegaan. Kami berharap ingin meningkatkan pemahaman publik atas keberagaman budaya dan perbedaan di tengah bangsa yang majemuk. Lalu, misi kami ingin menjadi bagian dari upaya mencerahkan. Juga, mencerdaskan dan berharap membawa secercah pengetahuan, mengedukasi, serta mendorong kepedulian masyarakat pada masalah sosial budaya dan lingkungan, dan juga mempersiapkan landasan budaya, sosial, agama dan keberagaman yang lebih baik bagi tumbuhnya generasi yang lebih baik di masa depan.

Air terjun di Pulau Mursala, Tapanuli Tengah, asal kata Tapian Nauli. Lokasi ini pernah dipakai sebagai tempat pengambilan film Kingkong.

TIM REDAKSI
Pemimpin Redaksi/ Penanggung-Jawab
Hotman J. Lumban Gaol
(Hojot Marluga)
Pemimpin Perusahaan
Tigor Naibaho
Dewan Redaksi
Hotman J. Lumban Gaol, Tigor Naibaho, St. Ir. Monang Rumapea Drs. Djaendar J Lumban Gaol, M.Si
Redaktur Pelaksana
Drs. Djaendar J. Lumban Gaol, M.Si
Tim Jurnalis:
Rigson Herianto LG, Joel Candra Siburian, Romarius Manik, Tuahmen S Simarmata, Edward Sihotang, P. Sihar Lumban Gaol, Martin Lumban Gaol, Edison Manurung
Penasihat IT
Hendry Lumban Gaol
Penasihat Hukum
Jupryanto Purba, S.H, MH (Nemesio & Associates)


Organisasi Jurnalis & Media
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) nomor anggota: 09.00.14221.16
Ikatan Media Online (IMO)
Forum Jurnalis Batak (FORJUBA)

Alamat Redaksi:
Redaksi Penerbit PERMATA AKSARA. Kantor Puri Gading PGR No.160, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat Telepon: (021) 84301318. Handphone: 081316518619, Email: suaratapianredaksi@gmail.com. Media ini dibangun atas swadaya dan pelayanan. Maka jika Ibu/Bapak berkenan menyokong redaksi kami. Mohon berkenan membantu pelayanan ditransfer ke rekening BRI: 708601000299505 a.n HOTMAN JONATHAN LUMBAN GAOL