Memohon Perhatian Presiden; Dari UNTARA hingga Akses Tapanuli ke Pelabuhan Sei Mangke

Suaratapian.com– Kerinduan masyarakat Tapanuli Utara untuk memiliki universitas negeri tak kepalang lagi. Terbukti, hal itu sudah lama didengungdengungkan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan. Dia menyampaikan, pentingnya pendirian adanya satu Universitas Negeri Tapanuli Raya (UNTARA) di Tapanuli Utara. Pendirian universitas itu diharapkan bisa mendukung kemajuan pariwisata Danau Toba. Disini perlunya sinergitas antara regulasi Pemerintah Pusat.  Atas keseriusan bupati Tapanuli Utara ini, juga mengirimkan dua kajian soal pentingnya universitas negeri di wilayah Tapanuli Utara dan sekitarnya.

“Hari ini saya menerima kunjungan bapak presiden Jokowi ke Tapanuli. Pada kesempatan itu saya sampaikan tentang usulan dan proposal pendirian dan pentingnya Universitas Negeri Tapanuli Raya di Tapanuli Utara yang akan memacu kualitas SDM yang berkualitas dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi makro dan mikro masyarakat Tapanuli Raya secara khusus Tapanuli Utara,” ujar Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan, Msi, sesaat menyambut Presiden Joko Widodo di Bandara Internasional Silangit, pada, Rabu, (2/2/22).

Presiden Joko Widodo sendiri ternyata sangat menyambut baik, dan mendukung  dan akan segera menindaklanjutinya permohonan tersebut. Selain itu juga Nikson menyampaikan, kepada Presiden pentingnya pembukaan jalan strategis nasional yang menghubungkan Tapanuli ke pelabuhan Sei Mangke Labuhan Batu. Lewat kecamatan Garoga Tapanuli Utara untuk mempercepat akses transportasi perekonomian masyarakat Tapanuli Raya.

“Tak perlu lagi lewat Belawan arus keluar masuk barang ke Tapanuli, di mana dengan terbangunnya nanti akses tersebut akan memotong waktu kurang lebih lima jam daripada ke pelabuhan Belawan Medan,” sebut mantan wartawan ini. (Hojot Marluga)

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *