PAPEMSI Merayakan Hari Lahir Pertama

suaratapian.com-Pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir berdampak serius terhadap kelangsungan hidup seniman dan pekerja seni. Pandemi juga memberikan ruang kreatif dan bersinergi. Hal itulah yang mendasari lahir Persatuan Artis Penyanyi dan Seniman Sipoholon (PAPEMSI). “Covid 19 yang melanda dunia sangat berdampak pada seniman dengan  banyaknya tempat hiburan, Gedung Pertemuan tutup, sehingga para seniman merasakan dampaknya.

Namun hidup harus terus berjalan, para seniman mencoba mencari bentuk hiburan lewat kemajuan teknologi seperti Media Sosial FB, Youtube dan Instagram  dengan melakukan Live Streaming. Atas alasan itu ada empat orang yang berasal dari beberapa profesi yang cinta musik antara lain; Pdt. Hotma Simanungkalit, Rizal Hutauruk, Ir. John Rizal Sibagariang Pengusaha muda dan sukses, seorang seniman, Fernalis Situmeang.

Artis-artis Sipohon (PAPEMSI) bernyanyi bersama.

Sejak saat itu, Fernalis sendiri sebagai seniman mendata seniman yang berasal dari Sipoholon, dan ternyata banyak artis dari Sipoholon di blantika musik Batak dan Nasional diantaranya; ada personil dari Padosip Trio Hotma Simanungkalit, Lamtama Plus Jack Hutagalung. Paloma Trio Fernal Situmeang D, Pisces Coky Sinambela, Legend Trio Coki Hutabarat, Perdana Trio Haspar Simanungkalit, Anju Trio Dedy Sibagariang bahkan, Arr muda yang lagi naik daun personil Nature Band Ando Nainggolan, Sampe Sang Gitaris dan Feber Manalu artis yang sudah GO Internasional.

“Setelah berkumpul berjumlah dua belas orang  seniman dari Sipoholon  sepakat mengadakan Live Streaming dan mendapat   dukungan dari warga Sipoholon sehingga  resmi di deklarasikan, 31 Oktober 2020 di Portable Rawamangun. Saat ini Tiopan Lumban Gaol menjadi  Ketua PAPEMSI,” ujar Fernalis saat menyampaikan sambutan di hari ulangtahun PAPEMSI, di Café Top, Taman Mini, Jakarta Timur, pada Minggu, (28/11/21).

Acara yang digelar live streaming ini juga sekaligus launching Album PAPEMSI yang diberi judul “Dongan Sahuta.” Juga diisi artis-artis Sipoholon. Tentu yang menarik hadir menyumbangkan suara adalah mantan Kapolres Badung, yang saat ini Kabid Hukum Polda Jabar, Kombes Pol Tony Binsar Marpaung, S.H., S.IK.

 “PAPEMSI adalah komunitas Profesi seniman yang tetap melestarikan Budaya dan musik Batak, mendukung Kemajuan Pariwisata di Kawasan tanah Batak dan mencari seniman bertalenta dan melahirkan kembali seperti seniman seniman besar yang berasal dari Sipoholon yang sudah membesarkan nama Sipoholon seperti Nortir Simanungkalit, Mauliater Simanungkalit, Ungkap Situmeang, Harun Situmeang, Asito Situmeang,”ujar Ketua PAPEMSI, Tiopan Lumban Gaol, PhD dalam sambutannya.

Pemilik Lembaga Pendidikan ini menyarankan, ke depan PAPMESI akan semakin terbuka, bukan hanya untuk artis yang berasal dari Sipoholon, bahkan PAPEMSI akan mencari bakat dengan mengadakan Lomba, bertepan Tiopan Lumban Gaol seorang Produser  di Perusahaan Toba Musica, dan  PAPEMSI berencana mengadakan event dan Konser di Bonapasogit Sipholon.

“Ke depan PAPEMSI nengharapkan doa dan dukunganya   dan  kiranya Tuhan memberikan kita semua kesukcesan dalam pekerjaan, dalam berkarya. Sipoholon dan warganya semakin maju,” ujar Tiopan, generasi ketiga Lumban Gaol di Sipoholon. (HM)

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.