Paskah Nasional dan Dies Natalis Ke-61 GAMKI; Relevan Dengan Resonansi Pembaharuan

Suaratapian.com-Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) menggelar Perayaan Paskah dan Dies Natalis ke-61, pada Jumat, 28 April 2023. Bertempat GPIB Immanuel, Gambir, Jakarta Pusat. Acara dirangkai dengan kebaktian, kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan, di akhir acara pemotongan kue ulangtahun. Seluruh yang hadir guyup mengikuti acara juga disiarkan secara live streming milik DPP GAMKI. Saat kebaktian, khotbah disampaikan Pdt Yerry Pattinasarany. Dalam renungannya Yerry mengajak agar seluruh yang hadir di acara Dies Natalis Ke-61 GAMKI ini menjadikan momentum itu tempat refleksi. Perlunya jiwa pemimpin, jiwa berkorban.

“Bangsa ini tak akan mungkin dibangun para pemimpin egois, tetapi pemimpin yang sudah selesai dengan dirinya, orang-orang yang mau mengorbankan kepentingan dirinya untuk kepentingan orang lebih banyak,” ujar putera Ronald Hermanus Pattinasarany, sosok yang lebih dikenal dengan nama Ronny Pattinasarany, mantan pemain sepak bola legendaris Indonesia, sebelum meninggal pelatih sepak bola Indonesia.

Memberi pengaruh; berkorban

Jerry mengatakan, menambakan, salah satu daya kepemimpinan adalah berkorban. Intinya bagaimana memberi pengaruh; berkorban. “Contoh sosok yang berkorban sebagaimana yang dilakukan Tuhan Yesus memberi dirinya disalib, dikutuk. Salib itu hinaan. Memimpin harus ada hati berkorban. Berkorban memberi diri sampai nyawa  pun sedia diberi,” ujar pendeta mantan pemakai narkoba itu.

Pada renungan penutupnya, Jerry mengisahkan, bagaimana dirinya selamat dari Narkoba karena ada sesosok berkorban untuk orang lain. Selain tentu peran almarhum ayahnya, tetapi dalam kisah pelayanan Yerry, selama hidup dalam kubangan yang kurang baik dia memiliki kakak rohani bernama, Leman.

Ketika dulunya Jerry terjerat Narkoba, kemudian bisa terbebas dari kecanduan itu oleh karena pengorbanan dan peran dari, Leman. Namun jalan hidup Leman tragis, mati tertikam para pengedar karena Leman berusaha menginjili mereka. Dia mampu berkorban untuk perubahan yang lebih baik dari para pengedar itu.

Di tengah-tengah acara berlangsung, salah satu pengurus DPP GAMKI, penyanyi rohani yang juga  pengacara, lulusan dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Clara Panggabean menyumbangkan beberapa lagu untuk mengisi acara kebaktian dan acara di perayaan.

Selesai ibadah, kegiatan dilanjutkan perayaan. Dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia, lalu dilanjutkan lagu mengheningkan cipta, dilanjutkan menyanyikan Mars GAMKI. Kemudian, pembacaan Anggaran Dasar GAMKI dilanjutkan pidato Ketua Umum DPP GAMKI, Willem Wandik.

Dalam sambutannya, anggota DPR RI dari Partai Demokrat ini menyebut, sebab kebenaran datang kepada manusia agar jangan selalu serakah dan tamak akan kehidupan di dunia.

Sambutan Ketua Umum GAMKI Willem Wandik di Dies Natalis Ke-61

“Seluruh kerajaan kekayaan, kekuasaan dan kedamaian yang dikehendaki dan diimpikan oleh umat manusia akan sirna. Ketika Tuhan Yesus disalibkan untuk keberdosaan manusia, manusia boleh terbebas dari keterbelengguan itu,” ujarnya.

Paskah sendiri bermakna kemenangan yang membawa harapan bagi umat, ketika Yesus berhasil mengalahkan maut dan bangkit kembali setelah melalui penderitaan di kayu salib. Kebangkitan Yesus ini sekaligus menjadi awal kehidupan kekal bagi manusia yang percaya kepadaNya.

Karenanya, Wandik berharap, agar organisasi yang dipimpinnya terus relevan. Resonansinya akan perubahan terasa untuk kesejahteraan Indonesia, khususnya Tanah Papua. OKP Ormas Keagamaan yang berslogan “Ora Et Labora, Cinta Tuhan Cinta Nusa Bangsa” diharapkan terus memberi dampak pada kemajuan bangsa dan Negara.

Kemenpora siap mendampingi

Di ujung acara hadir Dito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, didamping Sekretaris Umum GAMKI, Sahat Sinurat. Sesampainya di tempat acara, Menteri Ario Bimo Nandito Ariotedjo, S.H. atau lebih dikenal Dito langsung didaulat memberi sambutan.

Dalam sambutannya Dito mengingatkan agar Kongres GAMKI yang di pertengahan Mei 2023 digelar Kongres berjalan baik. “Kongres GAMKI bisa dijalankan dengan kebersamaan kekeluargaan dan juga menghasilkan musyawarah mufakat. Semoga Kongres berjalan dengan baik,” ujarnya. Kongres XII GAMKI di Ambon akan digelar pada tanggal 13-18 Mei 2023.

Menteri Dito juga mengingatkan makna Paskah. “Hari Paskah intinya perdamaian dan persatuan, jadi semangatnya sangat betul mengadakan Paskah dan Dies Natalis dua minggu sesudah ini menandakan kongres, kita berharap berjalan damai,” ujar politisi muda Indonesia dari Partai Golongan Karya ini.

Menteri berusia muda, 32 tahun ini mengajak untuk selalu mencari kesepakatan bersama. “Saya sudah sampaikan saat di audiensi, saya memiliki harapan besar kepada khususnya OKP GAMKI yang berbasis keagamaan, karena menurut saya seperti pemuda yang ada di gereja bisa melakukan banyak pelatihan dan juga untuk merespon kemajuan zaman saat ini,” ujar ayah satu anak ini.

Menpora Dito Memberi Sambutan Pertama Kali Di GAMKI Ormas Keagamaan Sejak Dilantik Jadi Menteri

Ke depan, kata Dito lagi, menghadapi perkembangan zaman Kemenpora siap mendampingi dan juga mensupport program-program yang sifatnya good development. “Jadi kita arahnya ke depan adalah ini untuk menghadapi zaman, pemuda tidak hanya ahli mengolah, ahli melobby dan ahli berteriak, tetapi kita punya target GAMKI bisa sebagai organisasi laboratorium,” ujarnya.

Dito menambahkan, angkatan muda yang ingin jadi pengusaha muda, silakan menjadi pengacara muda, jadi dokter muda yang hebat, anggota DPR, pemuda yang hebat di lintas profesi. Berkarya. Jadi tidak hanya sebagai organisasi dan aktivis semata.

“Saya berharap di Dies Natalis ada perkembangannya signifikan dengan nuansa yang baru, juga dengan program-program yang baru, dan benar-benar relevan dengan anak muda ke depan untuk membangun anak muda Indonesia lebih maju ke depan,” ujarnya menutup sambutan sekaligus mengakhiri perayaan Paskah Nasional dan Dies Natalis ke-61 GAMKI. (Hojot Marluga)

Hojot Marluga

Belajar Filosofi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

8 + eleven =