Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tangerang Selatan Menggelar Acara Dialog Kebangsaan Bertajuk “Dialog Publik Tokoh Lintas Agama”

Suaratapian.com-Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menggelar acara dialog kebangsaan di Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Perhelatan yang diberi judul “Dialog Publik Tokoh Lintas Agama” digelar untuk membangun silaturahmi antar tokoh dan umat beragama di Tangerang Selatan yang makin baik. Tentu, bukan tak ada masalah di Tangerang Selatan, tetapi bisa dibicarakan dengan baik dan dicarikan solusinya.

Dialog Kebangsaan Tokoh Lintas Agama Dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tangerang Selatan

Dialog kebangsaan lintas tokoh agama ini menghadirkan Keynote Speech Wakil Walikota Tangsel, H. Pilar Saga Ichsan, S.T., M.Ars. Acara yang digagas juga momentum untuk mensyukuri kemerdekaan RI ke-78 dan Hari Jadi FKUB Tangerang Selatan ke-14. Bertempat di Aula FKUB Pamulang, Rabu 30 Agustus 2023. Dihadiri para tokoh dari Lintas agama yang ada di kota Tangerang Selatan.

Tampil pemateri pertama Drs. H. Chaerul Saleh, M.Si. Kepala Badan Kesbangpol Tangerang Selatan. Dia membahas “Strategi Membangun dan Memelihara Kerukunan Umat Beragama. Dilanjutkan pemateri kedua Dr. KH. Suhada Saleh, M.Ag, Ketua FSPP Tangsel, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Membahas: Strategi Membangun Hubungan Lintas Umat Beragama Strategi Membangun Hubungan Lintas Umat Beragama Dalam Perspektif Islam.

Sementara itu, Drs. Ida Ketut Ananta, MM, Ketua PHDI Tangerang Selatan membahas; Strategi dan Implementasi Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Dari Perspektif Kerukunan Umat Beragama. Dialog yang dimoderator: Drs. H. Syamsuddim Dasan, MA, Wakil Ketua I FKUB Kota Tangsel.

Tangerang Selatan Contoh Kota Toleran; Semua Agama di Kota Ini Bebas Beribadah

Ada satu hal yang patut dicontohkan di Tangerang Selatan, semua agama di Kota Tangerang Selatan mendapat pelayanan yang baik dari Pemerintah Kota. Semua bisa beribadah dengan baik dan merasakan kebebasan beragama dengan sangat baik.

Hadir Wakil Kota Tangerang Selatan. Dia menyebut, bangga sebagai wakil walikota di Kota Tangerang terjaga hubungan yang harmonis antar umat beragama di kota ini. “Ini menjadi kebanggaan di Kota Tangerang Selatan. Kota sesuai dengan mottonya; cerdas, modern dan religius. Bahwa nilai-nilai religius itu kalau dari motto Tangerang Selatan itu bukan hanya berlaku kepada satu agama,” ujar H. Pilar Saga Ichsan, S.T., M.Ars, berlatar belakang pengusaha, ini.

Wakil waliKota generasi milenial ini juga menyebut, indeks pertumbuhan baik toleransi di Kota Tangerang Selatan juga tak lepas dari pertumbuhan SDM dan kesejahteraan masyarakatnya yang makin lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Sambutan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Tangsel, Dr. H. Fahruddin Zukri

Sementara itu, dalam Sambutan Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Tangerang Selatan, Dr. H. Fachruddin Zuhri, menyebut,  bahwa FKUB membantu di Tangerang Selatan ada 7 Paroki, artinya 7 gereja Katolik ada di sana, dan seluruhnya beres izinnya. Sementara ada 47 gereja untuk Kristen Protestan, baru 30% yang beres izinnya, tentu sebagai sedang berproses. Tentu apapun bisa diselesaikan dengan baik asal ada dialog, silaturahmi yang terjaga dengan baik.

Dalam diskusi itu juga diberi ruang bagi para peserta memberi komentar dan pertanyaan. Salah satu peserta yang menyampaikan pendapatnya adalah Pdt. Bintang M Siregar, Pimpinan Jemaat HKBP Pamulang, Resort Ciputat. (Hotman)

Hojot Marluga

Belajar Filosofi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

twelve + six =