Gereja Stasi Santo Mateus Rasul Alahan Sionomhudon Dalam Pembangunan Butuh Uluran Kasih

Suaratapian.com-Paroki di Parlilitan terdiri dari 28 Stasi tersebar di kecamatan Parlilitan dan Tarabintang. Paroki ini juga dikenal sebagai ladang subur untuk panggilan Imam, Biarawan dan Biarawati. Salah satu stasi dari Paroki Parlilitan adalah Stasi Santo Mateus Rasul Alahan yang terletak di Desa Sionom Hudon Julu, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Gereja stasi ini berdiri pada tahun 1957 berawal dari kehadiran missionaris Belanda, Pastor Oscar van Nuyten, OFM Cap bersama Pastor Godhard Liebreks, OFM Cap di Paroki Pakkat dan Parlilitan.

Pada awalnya, gereja stasi ini diperuntukkan bagi umat di dua desa yakni Desa Sionom Hudon Julu dan Desa Sionom Hudon Tonga. Akibat jarak tempuh yang cukup jauh, pada tahun 2004 umat dari Desa Sionom Hudon Tonga berhasil membentuk sebuah stasi baru dan membangun Gereja Santo Yosef di Hutagalung yang sudah permanen. Kini stasi Alahan terletak di Desa Sionom Hudon Julu ini berjumlah 194 jiwa dengan 45 Kepala Keluarga.

Oleh karena kondisi gedung Gereja Stasi Santo Mateus Rasul Alahan yang berusia 64 tahun ini sudah sangat memprihatinkann. Namun mayoritas umat di stasi ini adalah petani dengan kondisi ekonomi lemah. Kendati dalam masa sulit, mereka memberanikan diri bermohon untuk mewujudkan pembangunan gereja.

tampak gereja lama, anggota gereja sedang bahu-membahu untuk meratakan lahan untuk gereja baru

Karena itulah, Pastor Paroki Santa Lusia Parlilitan melalui Surat Keputusan Nomor: 65/PSLP/KAM/VII/2021 pada tanggal 19 Juli 2021 membentuk dan menetapkan Panitia Pembangunan Gereja Katolik Santo Mateus Rasul Alahan dengan tugas untuk merencanakan pembangunan.

Dana awal yang terkumpul partisipasi umat setempat untuk membangun sebesar 63.000.000,- dan saat ini disimpan di CU Dolok Sion Paroki Parlilitan. Namun, dana itu masih jauh dari cukup untuk membangun sebuah gereja yang permanen.

Oleh karena itu, panitia sangat mengharapkan uluran kasih Bapak, Ibu yang boleh disalurkan melalui Rekening Panitia Pembangunan Melalui BANK BRI UNIT PARLILITAN No.Rekening: 7796-01-008597-53-2. Nama: PANITIA PEMBANGUNAN GEREJA KATOLIK ALAHAN.

Dan, jika bapak/ibu telah menyumbang, sudi juga mengkonfirmasi sumbangan boleh disampaikan kepada kami melalui nomor WhatsApp: 0822 6764 0780 a.n Sorang Tumanggor. (HM)

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.