GKPS Menggelar Gotong Royong Memperbaiki Jalan Lintas Siantar-Saribudolok yang Rusak

Suaratapian.com JAKARTA-Jalan Provinsi Lintas Siantar – Saribudolok berjarak kurang lebih 67 km banyak mengalami kerusakan di berbagai titik, seperti di wilayah Panombeian Panei sampai Panei Tongah, Raya Bayu sampai Goting Raya dan Sintaraya sampai Tiga Runggu adalah kerusakan yang paling parah. Hal ini menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan, sehingga durasi perjalanan yang seharusnya ditempuh 2 jam, akhirnya menjadi 3 jam. Selain itu, kerusakan jalan dapat menyebabkan kerawanan terjadinya kecelakaan maupun kerusakan kendaraaan. Hal ini menyebabkan beberapa pengguna jalan banyak mengambil jalan alternatif yakni Siantar ke Saribudolok melalui Sidamanik.

Keprihatinan akan jalan yang rusak tersebut menggerakan para Pendeta dan Penginjil GKPS melakukan aksi Gerakan Diakonia melalui gotong royong merawat jalan yang rusak tersebut. Gotong royong yang dimaksud dengan cara menyisipkan batu padas dan sirtu (batu pasir) ke jalan-jalan yang berlubang.  Untuk membiayai gerakan ini, khususnya untuk membeli batu padas dan sirtu (pasir batu), Pendeta-Penginjil dan seluruh simpatisan merogoh uang pribadi masing-masing untuk mempersiapkan seluruh kebutuhan yang diperlukan dalam aksi.

Pelaksanaan aksi Gerakan Pendeta-Penginjil Berdiakonia dilakukan di titik-titik kerusakan terparah sepanjang jalan lintas Sumatera dari Siantar-Seribudolog. Senin, 14 Juni 2021, di jalan lintas Sumatera sekitar Kecamatan Panombeian Panei dan Kecamatan Panei. Selasa, 15 Juni 2021, di jalan lintas Sumatera sekitar Kecamatan Raya (Raya Bayu) sampai Kecamatan Dolog Masagal (Gonting Raya). Rabu, 16 Juni 2021, di jalan lintas Sumatera sekitar Kecamatan Purba (Sinta Raya-Tigarunggu).

Adapun peserta Gerakan Pendeta-Penginjil Berdiakonia adalah seluruh Pendeta-Penginjil, Vikar Pendeta, Magang Pendeta, dan sebahagian Majelis Jemaat yang tergabung dari beberapa Distrik di GKPS, diantaranya GKPS Distrik I (Pematangsiantar), GKPS Distrik II (Pamatang Raya), GKPS Distrik III (Saribudolog), GKPS Distrik V (Tebing), GKPS Distrik IX (Sidamanik).

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.