Kekuatan Bangsa Itu Terletak Pada Sikap Nasionalisme Rakyatnya

Penulis : Andi Salim

suaratapian.com-Dewasa ini semakin banyak orang yang terseret pada pemikiran yang irasional, dari persoalan hidup yang menghimpit hingga kebodohan yang tak kunjung keluar dari tempurung yang menutupi selimut kelam untuk melihat persoalan melalui berfikir rasional. Berpikir secara rasional adalah kemampuan untuk mempertimbangkan aspek dan menganalisis relevansi informasi yang berhubungan dengan keadaan atau suatu kejadian, baik yang berupa fakta atau pun hal-hal yang terkait dari kemungkinan yang akan terjadi.

Narasi yang berhamburan dari mereka yang menyesakkan publik saat ini sungguh menjadi persoalan kita bersama, sebab betapa ricuhnya permasalahan ini sehingga masyarakat seakan berbondong-bondong menyetujui pernyataan yang menyesatkan itu. jika hal ini terus dibiarkan tentu akan membahayakan persatuan dan runtuhnya toleransi kebangsaan ditengah kita semua. Dimana individu yang termakan oleh para penghasut dan pemberitaan Hoaks itu hanya mengandalkan keyakinan tanpa melandasinya dengan rasionalitas berfikir.

Sandaran pada keilmuan atau fakta ilmiah yang semestinya dapat dipegang melalui keakurasian data dan fakta jika diukur pada skala metode atau penelitian yang memiliki kaidah kebenaran empiris tentu tidak boleh diabaikan begitu saja. Sebab bukti empiris merupakan suatu sumber pengetahuan yang diperoleh dari observasi atau percobaan atau penelusuran informasi yang membenarkan suatu keadaan, termasuk dalam kaitannya dengan kepercayaan dalam mencapai kebenaran atau kebohongan dari suatu klaim.

Apalagi terkait hal yang baru-baru ini mengenai Keputusan pemerintah melalui pernyataan yang disampaikan menteri agama mengenai pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia dimana pernyataan itu telah mendapat dukungan dan dinilai tepat oleh beberapa kalangan di antaranya dari DPR RI melalui Komisi VIII, Majelis Ulama Indonesia, dan ormas Islam seperti NU dan Muhammadiyah.

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.