Refleksi dan Rekoleksi Awal Baru 2022 dari BATAK CENTER


“BERJUANG DALAM OPTIMISME YANG BERPENGHARAPAN DENGAN SEMANGAT KETEGUHAN HATI DAN GOTONG-ROYONG”

Horas, Mejuahjuah dan Njuahjuah!

Saudara-saudara yang terhormat dan yang kami kasihi, Keluarga Besar BATAK CENTER dan para Sahabat di dalam negeri! Kiranya kita semua senantiasa berada dalam lindungan dan penyertaan TUHAN Allah yang Esa Mahakasih, sehingga kita tetap memiliki semangat untuk berkarya di tengah-tengah tantangan dan hambatan yang tidak ringan yang kita hadapi baik sekarang mau pun pada masa yang akan datang.

Pada tahun 2021, masalah yang kita hadapi masih sama dengan masalah pada tahun 2020 yang lalu, yakni pandemi Covid- 19. Masalah ini bukan saja berdampak di bidang kesehatan, tetapi juga menimbulkan masalah sosial lainnya seperti ekonomi, politik, hukum, budaya, psikologi, dan sebagainya. Kita bersyukur bahwa pandemi Covid-19 pada akhir tahun 2021 telah jauh menurun katimbang enam bulan lalu, dan keadaan pun sudah jauh lebih baik. Keadaan yang sudah membaik ini adalah hasil dari upaya keras Pemerintah bekerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat dari pusat hingga ke daerah, di kota dan desa, di pelosok tanah air dalam ridho dan pertolongan Tuhan.

Pandemi Covid-19 juga berdampak kepada BATAK CENTER dalam menjalankan program dan kegiatannya pada tahun 2021. Namun BATAK CENTER tetap berupaya merealisasikan beberapa kegiatan antara lain:
1) pertemuan secara virtual dengan Disparbud Provinsi Sumatera Utara, BPNB Aceh, KNIU UNESCO untuk membahas upaya dan tindak lanjut agar Ulos menjadi Warisan Dunia;
2) rapat-rapat terbatas baik di luar mau pun di sekretariat BATAK CENTER;
3) webinar tentang Road Map Pendidikan Nasional di mana hasilnya dibulatkan oleh BATAK CENTER dan telah disampaikan kepada Mendikbudristek RI, Kemenko PMK RI, DPR RI dan DPD RI;
4) webinar nasional mengenai “Habatakon, Keindonesiaan dan Peradaban Mondial”;
5) webinar internasional dalam kerjasama dengan mitra BATAK CENTER di dalam dan luar negeri mengenai “SDM Unggul Menyongsong Indonesia Emas tahun 2045”;
6) penganugerahan Penghargaan, Piala dan Hadiah lainnya kepada Pemenang Lomba Lagu Batak Terpopuler dan para Pencipta Lagu-lagu Batak yang mengambil bagian didalamnya;
7) rapat koordinasi dan diskusi draf buku festchrift tokoh-tokoh nasional dari Bangso/Suku Batak; dan
8) rapat-rapat panitia kerja pengusulan ulos sebagai warisan dunia.

Selain itu ada beberapa kegiatan lainnya yang dihadiri BATAK CENTER atas undangan pihak lain, Pemerintah, Ormas dan masyarakat umum lainnya.
Semua itu bisa terlaksana atas pertolongan Tuhan dan adanya hubungan dan kerjasama yang baik antara BATAK CENTER dengan berbagai pihak lainnya yang tidak dapat disebut satu persatu. Mesti diakui bahwa banyak pihak yang senantiasa mendukung kegiatan BATAK CENTER baik internal mau pun eksternal. Untuk itu kami mengapresiasi dan menyampaikan banyak terimakasih.

Pada tahun 2021 BATAK CENTER telah melakukan beberapa usaha seperti memberikan apresiasi kepada putera dan puteri Batak yang berprestasi di bidang akademik, olahraga dan lain-lain. Namun dengan rendah hati mestilah kami mengakui bahwa dalam merealisasikan program dan kegiatannya BATAK CENTER masih kurang dalam bersinergi dan berkolaborasi dengan pihak instansi atau organisasi lain. Kami berharap pada tahun-tahun mendatang BATAK CENTER dapat meningkatkan soliditas dan sinergitas dalam seluruh gerak dan karya BATAK CENTER.

BATAK CENTER berupaya mewujudkan visi dan misinya dalam berbagai program dan kegiatan. Berbagai upaya sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat melalui media sosial dan pemberitaan yang dimuat di media cetak dan online terus dilakukan. Berbagai upaya terus dilakukan dalam “rebreanding” BATAK CENTER secara kreatif dan inovatif dengan menyiapkan generasi muda yang mencintai dan melestarikan budaya Batak. Himbauan dan dorongan positif terus diupayakan agar puak-puak Batak terus bersatu dan para generasi muda memiliki jati diri dan kebanggaan sebagai Batak. Polarisasi agama dan sub-etnik sering terjadi secara nasional dan di tengah-tengah Bangso/Suku Batak sendiri. Kecenderungan memikirkan, menonjolkan dan mengutamakan diri dan kelompok masing-masing semakin marak. Akibatnya, keterbelahan suku, agama, ras dan golongan tampaknya semakin tidak terkendali. Inilah masalah yang menjadi tugas dan tanggung jawab BATAK CENTER, yakni turut serta menghadirkan solusi dengan membangun persaudaraan sejati di tengah-tengah Bangsa Indonesia. Dalam hal ini, kesatuan Bangso/Suku Batak akan menjadi kontribusi yang berharga bagi terwujudnya persatuan dan kesatuan Indonesia dan ideal-ideal lainnya yang termaktub dalam Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945.

BATAK CENTER juga berupaya mengadakan studi dan kajian terhadap warisan budaya Batak yang selanjutnya diperjuangkan menjadi warisan budaya Indonesia dan diharapkan menjadi warisan budaya dunia.

Mempersatukan seluruh Bangso/ Suku Batak sebagai bagian tugas utama BATAK CENTER, tentu saja tidak mudah, sebab di tengah-tengah persamaan dan kesamaan di antara sub-suku/ puak-puak Batak juga terdapat banyak perbedaan. Bahkan tak jarang ada yang memamahi perbedaan itu sebagai alasan membuat kelompoknya “asing” dan memisahkan diri secara eksklusif. Maka tugas dan tanggung-jawab tersebut sudah (dan akan dilakukan) BATAK CENTER dengan merajut kebersamaan dari semua sub-suku/ puak-puak Batak. Itu hanya bisa terjadi apabila kita tidak mengkhianati nilai-nilai luhur warisan nenek moyang Batak serta-merta bertekad untuk terus menyatu dan bersatu padu sebagai Bangso/Suku Batak.

Pada kesempatan yang masih diwarnai suasana Natal ini, kami ingin menyitir Tema Perayaan Natal Nasional, “Cinta Kasih Kristus Menggerakkan Persaudaraan.” Tema ini diinspirasi oleh 1 Petrus 1:22 yang berbunyi “Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.” Kiranya kita semua senantiasa berada dalam lindungan dan penyertaan Tuhan dalam memasuki tahun 2022. Tetaplah bersemangat untuk berkarya di tengah-tengah ancaman dan tantangan yang tidak ringan yang sedang kita hadapi. Semoga BATAK CENTER mampu menjadi pelopor dan pengerak persaudaraan sejati yang kokoh dan maju bagi Bangso/Suku Batak dan Bangsa Indonesia pada umumnya. Mari melanjutkan perjuangan dalam optimisme yang berpengharapan dengan semangat keteguhan hati dan gotong royong.
Terimakasih.

Salam Habatakon!!!

Jakarta, 1 Jan 2022
atas nama Dewan Pengurus Nasional
BATAK CENTER,
Ketum: Sintong M. Tampubolon;
Sekjen: Jerry R. Sirait

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.