KPU Berkunjung Ke Kantor Pusat PGI

suaratapian.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meminta kerjasama Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dalam mewujudkan Pemilu Damai, demokratis dan berkualitas.   “Minta tolong, bantuan, berbagai pihak termasuk PGI, supaya warga negara yang termasuk jemaat PGI bisa terdaftar, dapat menggunakan hak pilihnya, dan yang ikut berkontribusi juga menjadi bagian bersama-sama menjaga kedamaian dalam penyelenggaraan Pemilu,” ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Gedung Persekutuan Gereja Indonesia, Jakarta, Senin 16 Januari 2022.

Hasyim telah menyampaikan pada pimpinan PGI bahwa KPU ingin bersama-sama menjadikan pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. “Semoga pemilu ini bisa jadi sarana integrasi bangsa dan terwujud secara damai, demokratis dan berkualitas,” kata dia.

Kemudian, Hasyim menjelaskan, pada dasarnya pemilu merupakan partisipasi masyarakat yang di dalamnya pasti ada kompetisi proses meraih kekuasaan dan mempertahankan kekuasaan.

“Di situasi yang sama, PGI punya jemaat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan di dalamnya ada yang jadi pemilih dan ada juga yang jadi peserta Pemilu,” ujarnya.

Kemudian, KPU menurut Hasyim sebagai lembaga layanan melayani pemilih, tentunya sudah menjadi kewajiban dalam melayani peserta pemilu. 

“Sehingga KPU tidak bisa sendirian dalam menyelenggarakan pemilu. Kami harus bergandengan tangan, kami harus bersilaturrahim, meminta tolong, meminta bantuan ke berbagai macam pihak, termasuk PGI,” kata Hasyim.

Sebelumnya, KPU juga telah berkunjung ke Muhammadiyah, PBNU, dan Majelis Tinggi Agama Khonghucu. Kunjungan tersebut tentunya dalam membangun dukungan untuk kesuksesan penyelenggaraan Pemilu Serentak, Tahun 2024.

Sementara itu, Pdt Gomar Gultom MTh, Ketua Umum PGI mengatakan, KPU berdiri netral, sabar menghadapi banyaknya tuntutan dan beranik menegakkan aturan aturan yang ada. Dia juga mengatakan, gereja tak boleh berpolitik.

KPU sebagai lembaga layanan yang melayani pemilih dan melayani peserta pemilu merasa tidak bisa sendirian dalam menyelanggarakan Pemilu. “KPU harus bergandengan tangan, bersilaturahim, meminta tolong, dan meminta bantuan ke berbagai macam pihak, termasuk PGI,” kata Hasyim.

Dalam kunjungan, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari datang bersama Anggota KPU RI August Mellasz dan Mochammad Afifuddin. Kedatangan KPU disambut oleh Ketua PGI Gomar Gultom dan Kepala Humas PGI Jeirry Sumampow.

Hojot Marluga

Belajar Filosofi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

fifteen + 8 =