Nahum Situmorang Fans Club Menggelar Malam Nahum Situmorang di Hezron Resto

Suaratapian.com-Sosok Nahum Situmorang bukan saja seorang musisi sekaligus komponis Batak yang karya-karya sangat melegenda, terkhusus lagu-lagu tentang kasih sayang. Jadi, bukan kebetulan jika hari kelahirannya tepat di hari Valentine Day (hari penghormatan kepada martir Kristen yang Bernama Santo Valentinus) yang dijadikan sebagai acara tahunan dan menjadi acara percintaan dalam agama, budaya di seluruh penjuru jagat. Nahum Situmorang lahir, 14 Februari 1908, meninggal 20 Oktober 1969. Jika dihitung sejak dia lahir usianya 115 Tahun.

Dan, untuk mengenang Nahum Situmorang, para pencinta karya-karyanya yang tergabung dalam Nahum Situmorang Fans Club binaan Irjen Pol (Purn) Drs Erwin TP Lumban Tobing menggelar Malam Nahum Situmorang di Hezron Resto, Cibubur, Jakarta Timur. Lima tahun lalu, saat peringatan 110 Tahun Komponis Nahum Situmorang digelar di Anjungan Sumatera Utara, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan mengadakan sarasehan siapa Nahum Situmorang.

Mengenang 115 Tahun Nahum Situmorang

Nama seorang nabi di Perjanjian Lama itu patut diingat pesan-pesan syairnya untuk mengingatkan banyak hal. “Saya sangat mengagumi dan menyenangi karya-karya komponis Namun Situmorang. Hari ini, hari kelahirannya 115 tahun yang lalu. Namanya begitu melegenda,” sebut pecinta karya-karya Nahum Situmorang.

“Saya pernah dibawa orang tua saya sekitar tahun 60-an membesuknya, saat itu dia sakit di rumah sakit umum Pringadi Medan. Saya masih SD dibawa orang tua karena orang tua saya salah satu penggemar dari Namun,” kenang jenderal bintang dua polisi ini.

Sudung Situmorang bersama keluarga Nahum Situmorang

Erwin menambahkan, acara tersebut digelar untuk memperingati hari kelahirannya. Tetapi ini adalah malam khusus lagu-lagu Situmorang untuk kita merefleksi kembali mengingat nama beliau, almarhum. “Ini memang acara santai atara kita. Siapa saja boleh ikut bernyanyi, tetapi satu ketentuannya harus lagu-lagu Nahum Situmorang. Jadi, ternyata hari ini pas kebetulan keluarga besar Situmorang se-Indonesia pas hadir di sini, pimpinan Bapak Sudung Situmorang dan juga hadir cucu dari garis keturunan, yaitu Erwin Situmorang,” ujar mantan Kapolda Bangka Belitung dan Kalimantan Barat.

Mewakili Ikatan Keluarga Pewaris Komponis Nahum Situmorang (IKPK-NS), Erwin Situmorang menyebut, keluarga menyadari bahwa Nahum Situmorang bukan hanya milik keluarga, sudah pasti beliau diciptakan oleh Tuhan untuk seluruh masyarakat Batak, sebut Edwin.

Dia menambahkan, Nahum sendiri menciptakan lagu bukan saja untuk lagu Batak Toba saja, tetapi juga Batak Mandailing. “Tentu harapan kami sebagai keluarga karya-karyanya memang harus dilestarikan. Jangan sampai hilang, dan keluarga mendukung siapa saja dari kita, bangso Batak yang bisa membantu bersama-sama mengabadikan karya-karnya,” ujarnya.

Di tengah acara hadir juga banyak tokoh-tokoh Batak diantaranya; Mindo Sianipar, politisi Indonesia dari PDI Perjuangan dan anggota DPR RI yang sudah lima periode dari daerah pemilihan Provinsi Jawa Timur. Hadir juga, Sudung Situmorang, mantan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta, sekarang Komisaris Pelindo II. Selain itu, hadir juga Dharma Hutauruk, mantan pimpinan Penerbit Erlangga. Selain itu, hadir JS Simatupang, SH, MH, Direktur Utama (Dirut) PT Berdikari Insurance bersama Simatupang Brother-nya. Dari kalangan muda tampak hadir, Hardoni Sitohang bersama tim Soso Production. (Hojot Marluga)

Hojot Marluga

Belajar Filosofi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

5 × four =