Profil Yan Santoso Purba

suaratapian.com JAKARTA-St Yan Santoso Purba SH MM merupakan salah seorang putra terbaik Simalungun saat ini. Menata karier di birokrasi sebagai PNS di Kementerian Keuangan, dan telah puluhan tahun mengabdi di sejumlah wilayah di Indonesia hingga pensiun. Aktif dalam pelayanan sosial, keagamaan, dan kemasyarakatan. Sosok pria tinggi ganteng, orang Simalungun asli yang peduli. Oleh karena kepeduliannya pada Simalungun-Pematang Siantar, dan dinilai paling layak menjadi pendamping dr Susanti Dewayani menjadi Wakil Walikota Pematangsiantar sekarang ini. Sejak Maret 2021 untuk selanjutnya diproses sesuai mekanisme di Partai PDI Perjuangan. Suami dari Artha Berliana Samosir, yang juga anggota DPRD Provinsi Sumut ini. Ayah satu putri ini, Grease Melia Putri Santoso. Pria kelahiran, 13 Januari 1963 ini adalah putra dari Bertha Saragih, mantan anggota DPR RI dari Partai Damai Sejahtera, partai yang sempat bertengger dua periode di DPR RI.

Yan sejak dulu amat peduli akan jatidiri Simalungun dengan niat membangun Simalungun-Pematang Siantar. Itu sebabnya dia pernah mencalonkan Bupati Simalungun, hanya saja waktu itu belum terpilih. Tokoh yang rendah hati, Ahap Simalungun dengan kepemimpinan yang kuat, lemah lembut tapi penuh ketegasan.

Kini, safari politik Yan Santoso Purba untuk menuju kursi wakil wali kota Pematang Siantar semakin jelas untuk meraih dukungan dari PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, Demokrat, Hanura, NasDem dan PKPI sebagai parpol pengusung Paslon Ir Asner Silalahi MT-dr Susanti Dewayani SpA pada Pilkada Pematang Siantar 9 Desember 2020 lalu.

Sesudah Ir. Asner Silalahi, MT pada Rabu 13 Januari 2021 meninggal, wakil walikota kemudian menjadi walikota, maka jabatan wakil wali kota lowong. Berawal karena panggilan ingin mengabdi, Yan aktif bersafari politik guna menuju kursi wakil walikota Pematang Siantar. Yan dinilai memiliki pengalaman sebagai pemimpin. Punya reputasi yang sudah teruji, selama karirnya berkali-kali menjabat kepala.  Yan pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Penerimaan dan Keberatan KPP Medan Kota, Kepala Seksi PPh OP KPP Jakarta Kebayoran Satu.

Dia juga pernah menjadi Kepala Seksi Pengolahan Data dan Informasi KPP Jakarta Kebayoran Lama, Kepala Seksi Pemeriksaan KPP Pratama Medan Timur, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Kota, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Barat, Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Binjai dan Kepala Kantor KPP Pratama Medan Kota. Sebagai sosok yang telah bertugas Departemen Keuangan RI. Yan tentulah lebih paham dan menguasai betul pengelolaan keuangan Negara.

Selain di karier, Yan juga pernah jadi pelayan di gereja sebagai penatua di GKPS. Dia juga pernah Ketua Umum Purba Pakpak Boru Pakon Panogolan (P3BP) seluruh Indonesia. Yan juga tercatat Penasihat Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Sumatera Utara.

Sementara tanda jasa atas atas prestasinya berjibun. Yan telah menerima Piagam Satyalancana Karya Satya XXX Tahun, Tahun 2016, oleh Presiden Republik Indonesia, Piagam Satyalancana Karya Satya XXTahun, Tahun 2006, oleh Presiden Republik Indonesia, Piagam Penghargaan Kinerja Penyuluhan Tertinggi Tahun 2019 Direktorat Jenderal Pajak, Piagam Penghargaan Penerimaan Pajak KPP Pratama Binjai Tahun 2019 di atas seratus persen (100%) oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia. (Hojot Marluga)

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.