Dr. Adiwirawan Mardjuadi, DTM & H. M.Sc.PhD: Rahasia Dibalik Penyembuhan Tulang dan Rematik

suaratapian.com JAKARTA-Ilmu kedokteran selalu berusaha untuk memperpanjang dan memperbaiki  kualitas kehidupan manusia. Praktis seluruh penelitian dan usaha pengobatan  diarahkan untuk mencapai tujuan tersebut, antibiotika dikembangkan untuk  memerangi penyakit-penyakit infeksi, obat-obat anti-hipertensi, anti-diabetik dan lain-lain ditujukan untuk mengatasi kelemahan atau gangguan metabolisme  tubuh agar tetap optimal mendukung kehidupan; kanker terus-menerus dicari  penyebabnya dan diperangi dengan obat-obat anti-kanker agar tak merusak  sel-sel yang masih sehat dan penyakit Alzheimer sampai saat ini merupakan  target utama penelitian untuk dapat ditanggulangi. Dalam semangat yang sama, dengan kemungkinan yang sangat besar dan  karenanya akan sangat menarik untuk diselidiki dan dikembangkan, adalah  bagaimana manusia bisa mencegah penuaan, bagaimana kita bisa meremajakan kembali sel-sel yang sudah uzur sehingga dapat lebih lama mendukung kehidupan dan bagaimana kita bisa mengatasi penyakit-penyakit degeneratif yang juga berkaitan dengan penurunan fungsi tubuh. Oleh karena itu, penelitian sel induk sangat menarik untuk dicermati karena  membuka kemungkinan baru yang boleh dikatakan merupakanperbatasan baru; yang mudah-mudahan juga perbatasan terakhir bagi usaha memelihara  dan mengisi kehidupan manusia agar tetap berhasil guna dan berdaya guna.

Penjelasan di atas adalah merupakan gagasan dan pemikiran Dr. Adiwirawan Mardjuadi, DTM & H. M.Sc.PhD, 74 tahun, dalam artikel yang diterbitkan dalam edisi khusus. Merupakan tulisan topik yang dibahas dalam simposium Stem Cell yang telah diselenggarakan pada, 2 September 2006 di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, belasan tahun lalu. Acara itu diselenggarakan berkat kerjasama Unit Riset Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, PT Kalbe Farma Tbk., dan majalah Cermin Dunia Kedokteran. Penjelasan Dr. Adiwirawan Mardjuadi, DTM & H. M.Sc.PhD di atas tentulah menjadi harapan, bisa membuka cakrawala pemikiran baru mengenai bagaimana kita bisa mengatasi masalah-masalah kesehatan di kemudian hari.

Adalah Dr Adiwirawan Mardjuadi, dokter lulusan luar negeri ini punya jejak rekam dan reputasi di kedokteran Indonesia. Dia salah satu dokter pribadi keluarga Wakil Presiden, Umar Wirahadikusumah, bahkan hingga sekarang, dia tetap menjadi dokter keluarga, dan tetap tim dokter Karlinah Umar Wirahadikusumah, istri mantan wakil presiden, dan mantan prajurit yang pernah menjabat Pangdam Jayakarta itu.

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *