Drs. Tumbur Naibaho, MM, FSAI: Menggerakkan Ekonomi Rakyat, Maju dan Bertumbuh Bersama

suaratapian.com-Koperasi merupakan penggerak ekonomi rakyat yang didasari oleh asas kekeluargaan. Itu sebab koperasi menurut Bung Hatta adalah gerakan kebangsaan yang mendidik dan mengusung semangat percaya pada kekuatan yang berdasar atas asas kekeluargaan. Atas dasar itu pula Drs. Tumbur Naibaho, MM, FSAI mendirikan koperasi. Tentu dia memahami kekuatan koperasi saat-saat jadi staf di Bumi Asih Group yang didirikan oleh Karel Mompang Sinaga, yang dulu basisnya asuransi kemudian berkembang di bidang bank perkreditan rakyat. Masih bening dalam ingatan, sebagai karyawan ketika itu dia mesti mengencangkan ikat pinggang, intinya menghemat biaya agar bisa survival menjalani kehidupan. Tentu untuk menyiasati itu dia mesti memulai usaha keluarga. Saat itu tinggal di Paseman daerah Salemba Jakarta Pusat. Pilihan itu dibuat karena saat itu istrinya, Jusniar Simbolon sebagai seorang perawat di Rumah Sakit St Corolus.

Koperasi Makmur Mandiri didirikan atas gagasan dan ide koperasi  untuk menggerakkan ekonomi rakyat, maju dan bertumbuh bersama. Tahun 2005, Tumbur mencoba membuka kantor Koperasi Bersama Mandiri (KBM) berkantor di rumah sendiri di Perumahan Griya Asri tahun 2008, lalu memindahkan kantor ke Ruko Niaga Kalimas Bekasi Timur. KBM sendiri adalah koperasi yang dimiliki oleh sesama karyawan kantor pusat BAJ.

Atas pengalaman yang dimiliki selama ini di bidang asuransi, pasar modal, dana pensiun, BPR dan koperasi, maka pada Juni 2009 timbul ide mengumpulkan 25 orang teman, sahabat dan keluarga untuk mendirikan sendiri Koperasi terpisah dari KBM dan disepakati namanya Koperasi Makmur Mandiri (KMM) berkantor di Ruko Plaza Metropolitan, Tambun Bekasi. Awalnya Koperasi Makmur Mandiri (KMM) bergerak hanya di wilayah Bekasi di bidang serba usaha.

Melihat perkembangan, perlunya pengembangan usaha, maka pada September 2011 Rapat Anggota memutuskan KMM berubah menjadi Koperasi Primer Nasional dan memindahkan, kantor pusat dari Kabupaten Bekasi ke Pondok Ungu Kota Bekasi sekaligus jenis usaha fokus mengelola Simpan Pinjam, Desember 2014, dan kantornya berpindah ke gedung sendiri di Ruko Suncity Square Blok, Bekasi Barat.

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.