Sinode Distrik HKBP XIX Bekasi Berlangsung Sukses

Suaratapian.com Jakarta-Huria Kristen Batak Prostestan (HKBP) Oktober ini akan menggelar Sinode Godang. Sinode Godang adalah musyawarah besar, puncaknya memilih Ephorus dibantu oleh seorang Sekretaris Jenderal dan tiga Kepala Departemen. Di bawahnya adalah praeses yang memimpin distrik-distrik gereja. Sebelum Sinode Godang digelar, terlebih dahulu digelar sidang Sinode Distrik di masing-masing distrik. Di sidang Sinode Distrik ini sekaligus memilih utusan ke Sinode Godang yang akan berlangsung di Sipoholon bulan Oktober 2020 ini. Di Distrik HKBP XIX Bekasi telah diadakan Sinode Distrik di Sopo Bolon, Sopo Marpingkir HKBP, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu, (15/8/20).

Acara dimulai kebaktian dipimpin Pdt Marolop Sinaga. Dalam kotbah mantan Kepala Departemen Marturia HKBP Pusat ini mengatakan, pelayanan harus berorientasi ke depan, mampu menjangkau pelayanan ke seluruh warga jemaat. Berpikir positif dan memberdayakan potensi warga jemaat sesuai karunia Tuhan. “Kita mesti mampu menjangkau pelayanan ke seluruh warga jemaat. Berpikir positif dan memberdayakan potensi warga jemaat,” ujarnya.

Sementara itu, Praeses Pdt Banner Siburian membuka Sinode Distrik HKBP XIX Bekasi itu sembari mengajak apa-apa yang telah terjalan di Distrik XIX Bekasi dimohon diteruskan seperti pemberian beasiswa kepada anak-anak asuh. “Harapan saya jangan sampai ada anak jemaat di HKBP Distrik XIX Bekasi tak bisa sekolah. Program yang telah berjalan baik di distrik ini harus diteruskan,” ujar praeses yang mencalonkan Sekretaris Jenderal HKBP ini.

Ketua Panitia St James Tampubolon mengatakan, acara Sinode Distrik XIX Bekasi ini bisa berlangsung di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia. “Kerja sama dan kekompakan di Distrik XIX Bekasi menjadi modal suksesnya Sinode Distrik, walaupun ada dinamika namun kebersamaan tetap terjaga.”

Di akhir Sinode Distrik HKBP XIX Bekasi ini ditutup dengan Perjamuan Kudus. Jumlah peserta yang hadiri di Sinode Distrik ini 71 orang, dari 20 resort dan satu persiapan resort sebagai peninjau. Sinode Distrik kali ini, adalah agenda khusus periodisasi di HKBP, oleh karenanya itu Praeses Pdt Banner Siburian juga menyampaikan laporan berita pelayanan dan keuangan selama melayani di Distrik XIX Bekasi.

Dalam pemilihan ada delapan orang yang mendaftarkan diri menjadi calon praeses, namun hanya tiga orang terpilih dengan sistem suara terbanyak sebagai bakal calon praeses yang akan dipilih nanti di Sinode Godang HKBP; Pdt Jekson Sirait, Pdt Nikson Simanjuntak, Pdt Oloan Nainggolan. Ada 16 utusan Sinode Godang dari nonpendeta dan 16 dari pendeta, dua orang Majelis Pekerja Sinode (MPS) St RZ Simanjuntak dan Pdt Ribbon Pangaribuan. Sementara untuk perangkat distrik terpilih tiga orang Badan Audit Distrik, dan 10 orang Majelis Pekerja Sinode Distrik dan dua orang panitia ke Sinode Godang. (HM)

Hojot Marluga

Hidup Belajar Filosofi Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.